Uncategorised

Biaya Cetak Brosur Ditentukan Oleh Hal Ini

cetak brosur
Written by rey

Dalam mempromosikan dengan brosur, pertimbangan Anda tidak hanya sebatas kemana brosur harus disebarkan, melainkan juga biaya dari cetak brosur itu sendiri. Jangan sampai keliru dalam memperhitungkan harga. Karena ini berhubungan dengan biaya yang bisa mempengaruhi keuangan Anda.

Anda tentunya tidak mau menghamburkan uang tanpa mendapatkan sesuatu bukan? Makanya, cermati dulu berapa biaya yang harus dikeluarkan. Setidaknya, rencanakan berapa besar uang yang akan dikeluarkan untuk promosi, serta cermati berapa banyak brosur yang ingin dibuat.

Supaya Anda tidak mengeluarkan biaya lebih dari rencana, Anda wajib memperhatikan beberapa hal. Khususnya mencermati biaya dari cetak brosur murah yang banyak disediakan di sekitar. Baik itu jasa percetakan brosur konvensional ataupun online.

Nah, apa saja yang harusnya Anda cermati? Mari simak beberapa hal yang menentukan mahal tidaknya biaya untuk pencetakan brosur di bawah ini!

Model Dari Brosur

Model brosur ini sangat bervariasi. Anda diberikan banyak opsi untuk membuat brosur tersebut. Tentunya opsi ini bisa dijadikan pilihan untuk membuat brosur yang mengena dengan sejumlah informasi yang dimasukkan secara terperinci.

Model dari brosur ini juga menentukan besar kecilnya biaya yang harus Anda keluarkan. Semakin sederhana modelnya, maka semakin murah biayanya. Sebaliknya jika semakin rumit, biayanya jelas lebih mahal. Hanya saja, informasinya akan sangat lengkap dibandingkan model sederhana.

Nah, model yang pertama adalah flyer/single brosur. Ini menjadi model yang paling sederhana yang dibuat tanpa lipatan. Brosur ini hanya dibuat dua muka saja, dan kertas yang digunkan berukuran A4 dan A5.

Model yang kedua adalah Bi Fold. Brosurnya ini bisa dilipat menjadi dua. Ukuran kertasnya adalah A4 dan Legal. Bisa diisi dengan sejumlah informasi lebih mendetail.

Model yang ketiga adalah Tri Fold. Untuk model ini, brosurnya bisa dilipat menjadi 3 lipatan. Tentunya, informasi yang terdapat di dalamnya jauh lebih lengkap. Untuk ukuran brosurnya menggunakan A4 dan Legal yang disesuaikan dengan kebutuhan pembuatnya.

Ukuran Dari Kertas Brosur

Besar kecilnya biaya pembuatan brosur tidak hanya ditentukan oleh modelnya saja. Ukuran dari kertas brosur juga mempengaruhi harganya. Karena memang kertas dengan ukuran tertentu juga berbeda harga belinya.

Berbedanya harga beli ini menentukan harga jualnya juga. Apalagi jika diisi dengan informasi dalam bentuk brosur. Pastinya jauh lebih mahal. Tapi besarnya biaya ini tidak akan membuat saku menjadi kering.

Setidaknya ada dua ukuran kertas yang biasanya digunakan untuk cetak brosur murah. Diantaranya adalah ukuran kertas A4 dan A5. Ukuran kertas ini akan berbeda harganya sehingga wajib diperhitungkan.

Khusus untuk brosur yang menggunakan kertas ukuran A4, harganya jauh lebih mahal dibandingkan yang berukuran A5. Tapi untuk sisi kepraktisan, kertas ukuran A4 jauh lebih praktis dan lebih sesuai dibandingkan ukuran lainnya.

Besar Kecilnya Jumlah Cetakan Brosur

Faktor terakhir yang menentukan besar kecilnya biaya adalah jumlah dari brosur yang dipesan. Semakin banyak jumlah pesanannya, maka semakin murah. Ini yang biasa dilakukan oleh para penyedia jasa.

Sebaliknya jika hanya membuat brosur dalam jumlah terbatas atau satuan, biayanya malah menjadi lebih mahal. Makanya, Anda harusnya mencermati ini agar Anda tidak keluar biaya lebih besar untuk jumlah yang kecil.

Ada baiknya jika Anda menggunakan paket yang ditawarkan. Biasanya penyedia jasa menawarkan paket pembuatan brosur. Misalnya satu rim kertas dengan biaya sekian. Itu jauh lebih murah dibandingkan brosur satuan.

Itulah beberapa hal yang menentukan biaya pencetakan brosur. Bijaklah sebelum membuat brosur. Dengan mencermati hal tersebut, Anda bisa merencanakan secara matang agar biaya cetak brosur yang Anda keluarkan tidak membengkak.

About the author

rey