kesehatan

Apa Saja Macam Macam Obat Herbal

Macam Macam Obat Herbal
Written by esdu

Obat herbal terbuat dari berbagai tanaman yang memiliki khasiat untuk penyembuhan penyakit. Melalui tanaman tersebut, obat herbal diolah dan dijadikan obat. Berbagai macam obat herbal di bawah ini dapat digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit, yaitu ;

  1. Temulawak

Temulawak adalah macam obat herbal yang pertama. Temulawak merupakan jenis tanaman asli Indonesia yang sering dimanfaatkan akarnya yang disebut rimpang. Bagian  rimpang inilah yang biasa digunakan untuk penyembuhan penyakit. Temulawak ini dapat menjadi obat herbal untuk berbagai penyakit seperti, diare, maag, menyehatkan jantung dan hati serta mengatasi perut kembung hingga pegal – pegal. Selain itu temulawak juga baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

      2. Belimbing wuluh

Belimbing wuluh ini dapat mengatasi berbagai penyakit seperti sariawan, gusi berdarah, rematik, pegal linu hingga sakit gigi. Belimbing wuluh ini memiliki rasa asam yang sangat kuat, dan biasanya buah belimbing wuluh diolah menjadi bumbu masakan, namun sayangnya dewasa ini belimbing wuluh mulai jarang ditemui.

 

Baca juga: https://nasadistributor.com/

 

       3. Kunyit

Jenis tanaman ini  banyak kita temui di daerah tropis. Kandungan yang terdapat dari kunyit banyak sekali manfaatnya seperti sebagai antioksidan, pencegah tumor dan kanker, menurunkan kadar lemak lemak di dalam darah, anti mikroba dan sebagai anti inflamasi. Selain itu kunyit juga digunakan sebagai salah satu bahan obat herbal.

       4. Sambiloto

Sambiloto mengandung senyawa andrographolide yang dapat melindungi hati dari efek negatif pengkonsumsian parasetamol dan galaktosamin. Selain itu kandungan andrographolide  dapat menekan pertumbuhan dari sel kanker.

     5. Lidah buaya

Tanaman lidah buaya adalah salah satu tanaman yang paling mudah ditemui di sekitar kita. Selain itu tanaman lidah buaya juga terkenal sebagai tanaman yang mempunyai banyak manfaat. Kandungan dalam lidah buaya dapat mengatasi berbagai penyakit seperti, radang tenggorokan, sembelit, diabetes hingga serangan jantung.

      6. Tanaman kumis kucing

Tanaman kumis kucing ini dapat dijadikan obat asam urat, masuk angin, diabetes, tekanan darah tinggi hingga rematik. Tanaman kumis kucing juga mampu mengatasi kencing batu.

      7. Daun beluntas

Tanaman beluntas ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia karena sering digunakan sebagai pagar taman rumah. Daun beluntas ini dapat mengatasi bau mulut, keputihan, perut kembung, nyeri pinggang hingga rematik. Selain itu daun beluntas juga dapat mengatasi berbagai penyakit kulit.

      8. Tempuyung

Tanaman tempuyung mengandung kalium yang tinggi dan dapat menghancurkan endapan batu ginjal. sehingga mengkonsumsi daun tempuyung ini sangat baik untuk penderita penyakit batu ginjal.

Baca juga: Produk Kesehatan Nasa

Mulailah dengan menanam tanaman yang dapat dijadikan obat herbal untuk mengurangi konsumsi obat kimia. macam obat herbal  diatas semoga bisa menjadi referensi  bagi Anda untuk menggunakan bahan bahan alami sebagai pengganti ketergantungan pada obat obatan kimia. www.heathermc.com

About the author

esdu