kesehatan

Aneka Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Written by aiki

Alpukat merupakan jenis buah yang sangat familiar. Buah yang satu ini selain memiliki rasa yang lezat juga memiliki banyak kandungan di dalam dagingnya. Apabila Anda mengkonsumsi buah alpukat secara rutin, maka manfaat buah alpukat akan dapat dirasakan.

Buah alpukat memiliki banyak manfaat karena mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik bagi kesehatan. Selain itu, di dalamnya juga terkandung vitamin A, B, C, E, dan K serta karbohidrat, protein, folat dan magnesium. Beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

Menghilangkan Bau Nafas Tidak Sedap

Apabila bau nafas tidak sedap, hal itu tentu akan mempengaruhi kepercayaan diri. Terlebih saat berinteraksi antar sesama. Untuk itu, Anda bisa mengatasinya dengan cara mengkonsumsi buah alpukat secara rutin.

Melancarkan Pencernaan

Buah alpukat kaya akan serat alami yang dapat melancarkan pencernaan. Teksturnya yang lembut dan halus akan melindungi lambung dari berbagai makanan yang dapat menyebabkan asam lambung.

Meningkatkan Kolesterol Baik Dan Menurunkan Kolesterol Jahat

Lemak tak jenuh tunggal yang terkandung dalam buah alpukat dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Sehingga, sudah terbukti bahwa lemak tak jenuh di dalamnya sangat baik untuk kesehatan.

Mengurangi Depresi

Manfaat buah alpukat berikutnya adalah membantu mengurangi depresi. Kandungan magnesium yang ada pada buah ini dapat membantu manjaga kesehatan mental dan mencegah resiko stres hingga depresi.

Mencegah Resiko Diabetes

Buah alpukat juga mengandung asam Oleat yang dapat membantu mencegah DM. Ada juga lemak tak jenuh di dalamnya yang memiliki fungsi mengurangi kadar trigliserida dan mengontrol kadar gula darah. Hal inilah yg dapat mencegah resiko diabetes.

Mencegah Peradangan Sendi

Manfaat buah alpukat selanjutnya yakni mampu mencegah peradangan sendi . Hal ini lantaran karena mengandung zat anti inflamasi yang dikenal dengan pitosterol.

Menjaga Kesehatan Mata

Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa salah satu manfaat alpukat adalah dapat menurunkan resiko katarak dan degenerasi mokula secara drastis. Terlebih bagi mereka yang sudah lanjut usia.

Membantu Menyerap Nutrisi

Kandungan lemak tak jenuh tunggal yg baik dalam buah alpukat dapat membantu menyerap sari-sari makanan dengan baik. Dengan demikian,  tubuh dapat mendapatkan asupan yang maksimal.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Memasukkan buah alpukat dalam daftar menu diet dapat membantu untuk memakan sedikit kalori. Selain itu, kandungan serat yang tinggi dan kandungan karbohidrat yang rendah sangat baik digunakan sebagai usaha Anda untuk menurunkan berat badan.

Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit

Manfaat buah alpukat berikutnya adalah menjaga kesehatan kulit. Alpukat memiliki kandungan yang baik sehingga dapat membuat rambut sehat dan indah. Selain itu, vitamin E yang ada di dalamnya juga dapat melindungi kulit dari radiasi berbahaya sinar matahari.

Menguatkan Tulang

Di dalam buah alpukat, terdapat berbagai kadar mineral seperti zinc, tembaga, kalsium, selenium, dan fosfor. Kadar mineral tersebut memiliki khasiat dalam meningkatkan kepadatan tulang dan membantu menurunkan resiko pengapuran tulang.

Mencegah Resiko Kanker

Antioksidan yang ada pada buah alpukat dapat menangkal radikal bebas. Zat ini akan mencegah kerusakan DNA dalam sel yang dapat mengakibatkan kanker. Mengkonsumsi alpukat secara rutin dapat mengurangi resiko kanker prostat dan payudara.

Mencegah Sakit Jantung

Alpukat memiliki kadar lemak jenuh baik yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan menurunkan resiko sakit jantung. Dengan mengkonsumsi secara rutin dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Banyak hal yang didapat dari manfaat buah alpukat. Oleh karena itu, alangkah baiknya apabila buah ini dikonsumsi secara rutin. Ingin tau informasi lainnya seputar manfaat buah? kunjungi Lintar Media

About the author

aiki